AXI melalui layanan e-commerce Business to Business (B2B) dan Business to Government (B2G), AXIQoe.com  hadir dalam Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) 2nd, event dan eksibisi pengadaan barang dan jasa terbesar di Indonesia yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, 6-8 November 2019.

Keikutsertaan AXIQoe.com dalam event tahunan ini menegaskan kembali perannya bersama stakeholder untuk memperkuat fondasi integritas ekosistem pengadaan melalui diskusi dan diseminasi informasi. Kehadiran AXIQoe.com di I-IMPEC 2019 merupakan kontinuitas perusahaan dengan menjadikan agenda I-IMPEC sebagai tempat bertemu sekaligus berdiskusi bersama para pemangku kebijakan lainnya, berbagi insight dan transfer knowledge seputar transformasi pengadaan barang dan jasa.

Budi Pramana Ginting, Head of Business AXIQoe.com, mengatakan, di era digital sekarang, dinamika ekosistem pengadaan barang tak luput dari peran teknologi, terutama penetrasi internet yang makin luas hingga ke kota dan kabupaten. Dukungan infrastruktur digital dan sumber daya yang unggul tentunya akan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital yang transparan dan akuntabel.

Laporan e-Conomy SEA 2019 yang dirilis oleh Google dan Temasek telah memperkirakan bahwa Indonesia akan menyumbang sekitar 40% dari pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara di tahun 2019 dengan nilai mencapai US$40 miliar (sekitar Rp565 triliun), meningkat empat kali lipat dibandingkan 2015. Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi internet tercepat di Asia Tenggara, nilai ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mampu menembus US$130 miliar (sekitar Rp1,8 kuadriliun) pada 2025 nanti.

"Tingginya nilai ekonomi digital kita tersebut akan menjadi pendorong bagi pelaku bisnis, khususnya AXIQoe.com, untuk terus berinovasi dan meningkatkan daya saingnya, termasuk di dalamnya mendukung modernisasi pengadaan serta melanjutkan komitmen menjadi akselerator ekosistem pengadaan yang bersih dan akuntabel," papar Budi.

Kepala LKPP Roni Dwi Susanto dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan 2019 di Jakarta (06/11/2019) mengatakan, LKPP telah memetakan empat tantangan dalam mentransformasikan sistem pengadaan barang/jasa pemerintah ke depannya. Tantangan itu adalah kebijakan dan strategi pengadaan yang inklusif dalam rangka pemerataan ekonomi dan percepatan pembangunan; efektivitas proses dan pembenahan pasar pengadaan; pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia (SDM) yang efektif; dan sistem penyelesaian permasalahan pengadaan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya menyatakankan mendorong LKPP agar turut merangkul lebih banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan menjadikan produk-produk dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai prioritas dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Karena itu, LKPP diminta memudahkan prosedur UMKM untuk masuk katalog elektronik, tanpa harus mengurangi kualitas.

Pelaksanaan I-IMPEC 2019 juga diikuti dengan pertemuan tahunan (Rakornas) dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dengan mengangkat tema "Transformasi Pengadaan di Era Digital untuk SDM Unggul Indonesia Maju". Konferensi dan pameran I-IMPEC 2019 sendiri juga mengupas tuntas peluang para investor di sektor industri yang berpengaruh terhadap total Produk Domestik Bruto Indonesia yang menyumbang sebesar 20 persen sebagai pemasukan nasional per tahun 2018.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, booth AXIQoe.com berada di Foyer Plenary Hall Jakarta Convention Center Senayan. Di booth itu pelaksana pengadaan dapat mendapatkan informasi lebih mendalam dan mendapatkan product experience yang didukung oleh mitra AXIQoe.com, seperti Liva ECS by ECS Elitegroup, Infocus by Esa Prima Perkasa, Microtek Scan The World, APC by Schneider Electric, Microsoft by Synnex Metrodata Indonesia, Mugen by PT. Multicom Persada International, Mugen by PT. Multicom Persada International, LG by Cipta Alpha Omega, Lenovo Indonesia , Fuji Xerox by Astragraphia , PT Agres Info Teknologi, serta  PT Sharp Electronics Indonesia.

Selain itu, terdapat lounge area yang memungkinkan AXIQoe.com dan petugas pelaksana pengadaan bertemu dan berdiskusi. "Sejak 2016, AXIQoe.com telah mendukung kebutuhan pengadaan di pemerintahan dengan menjadi penyedia kebutuhan tersebut melalui E-Katalog LKPP," tutup Budi. 

;