PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) melalui layanan e-commerce Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Government (B2G), AXIQoe.com, melanjutkan kembali sosialisasi dan edukasi implementasi E-Katalog LKPP di provinsi Kalimantan Selatan. Hal ini dilakukan guna mendukung good governance di Provinsi Kalimantan Selatan sehingga dapat bersama-sama menjadi bagian dari ekosistem untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, sekaligus mendorong terciptanya disiplin anggaran bagi tumbuhnya aktivitas usaha di Banjarmasin, Banjarbaru dan kota-kota lainnya.

 

Pertumbuhan ekonomi 2018 Kalimantan Selatan dalam triwulan ke 2 ini mengalami pertumbuhan sebesar 7.10 % dibandingkan dengan triwulan sebelumnya1,dimana pertumbuhan Banjarmasin sendiri di tahun 2017 6,40%,  lebih tinggi dibanding tahun 2016 yaitu  6,28%. Sedangkan, pertumbuhan di Banjarbaru naik lebih cepat yaitu  sebesar 6,96%2. Hal tersebut menunjukkan dinamika pembangunan dan roda bisnis di kedua kota berlangsung positif.

 

Pertumbuhan ekonomi tersebut terlihat dari banyaknya pembangunan infrastruktur di kedua kota melalui pengadaaan beragam barang/jasa di setiap lembaga pemerintahan daerah, mulai dari tingkat ibukota provinsi hingga kabupaten. Pengadaan barang/jasa pemerintah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan pemerintah dalam upaya mereformasi penyelenggaraan pelayanan publik. Sejak dibentuknya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), penyelenggaraan pengadaan barang/jasa pemerintah dilakukan secara elektronik dengan sistem e-procurement yang berlandaskan Perpres No. 16 Tahun 2018.

 

 

Presiden Direktur PT Astragraphia Xprins Indonesia, Sahat Sihombing mengatakan, “Di era digital dan keterbukaan saat ini, bersama dengan LKPP, percepatan dan modernisasi sistem pengadaan yang akuntabel merupakan hal terpenting bagi semua stakeholder untuk mewujudkan ekosistem good governance. Dengan adanya layanan dan akses pembelian barang di AXIQoe.com melalui E-Katalog LKPP, kini pemerintah Kalimantan Selatan dapat membeli barang kebutuhan secara efisien, efektif, cepat, aman, fleksibel dan tentu saja transparan. Semua itu cukup dilakukan dari meja dengan satu klik untuk semua kebutuhan dengan informasi, spesifikasi, serta harga yang dapat diakses oleh segala pihak. Sehingga, layanan E-Katalog bisa menjadi solusi untuk penyerapan anggaran yang lebih sehat serta meningkatkan akselerasi bisnis digital secara holistik di Kalimantan Selatan.”

 

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Agus Prabowo juga menambahkan bahwa ke depan mekanisme belanja pemerintah lewat e-purchasing akan terus meningkat dan sebaliknya, e-tendering akan semakin berkurang. "Sebelumnya, primadona pengadaan adalah tender. Sekarang kami geser bahwa pengadaan yang baik adalah yang mengadopsi mekanisme pasar sepanjang itu terbuka dan adil melalui government e-marketplace,"

 

Sahat menegaskan kembali bahwa AXIQoe.com siap menjadi mitra terbaik untuk layanan e-commerce B2B dan B2G bagi jajaran pemerintahan Kalimantan Selatan dengan menyediakan Office Supplies dan Office Equipment melalui penawaran harga terbuka dan added value terbaik.

 

E-Katalog sendiri menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Melalui E-Katalog, pembelian barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Satuan kerja hanya tinggal melakukan login dan melakukan pembelian melalui website https://E-Katalog.lkpp.go.id/. Tidak seperti mekanisme pengadaan melalui tender, pembelian melalui E-Katalog tidak ada batasan nilai pembelian dan harga yang ditawarkan pun dapat dibandingkan dan dipertanggungjawabkan.

 

Dukung Aktivitas Bisnis di Kalimantan Selatan dengan Layanan PrintQoe.com, CourierQoe, dan SpotQoe.com

 

PrintQoe.com, CourierQoe, dan SpotQoe.com, ketiga layanan dari AXI hadir sebagai jawaban untuk memenuhi kebutuhan cetak dokumen, layanan pengiriman logistik dan distribusi, serta pemesanan ruang meeting bagi korporasi dan pengusaha di Kalimantan Selatan. PrintQoe.com adalah layanan online printing B2B dan B2G pertama di Indonesia, untuk print on demand dan variable printing secara real time, misalnya kebutuhan untuk cetak kartu nama, company profile, hingga buku training materials dan marketing collaterals seperti brosur, flyer, dan lain sebagainya.

 

Sedangkan CourierQoe merupakan layanan logistik dan distribusi B2B dan B2G yang dilengkapi dengan mobile tracking system sehingga mudah untuk memonitor pesanan barang hingga diterima dengan baik oleh pelanggan. CourierQoe juga merupakan layanan pendukung bagi AXIQoe.com dan PrintQoe.com dalam hal pendistribusian barang dan cetakan.

 

SpotQoe.com merupakan platform online untuk pemesanan ruang meeting dan event, dengan menyediakan lebih dari 2.500 ruangan di seluruh Indonesia yang dapat diakses melalui website dan aplikasi mobile. Kehadiran SpotQoe.com semakin memperluas lini bisnis AXI di platform digital.

 

***

 

Tentang PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI)

 

PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) merupakan anak perusahaan dari PT Astra Graphia Tbk (AG) yang berinduk pada PT Astra Internasional Tbk (AI) di mana sebelumnya AXI merupakan bagian dari dua bisnis unit AG yang bernama Xprins yang telah berdiri sejak 19 February 1993 dan Layan Gerak yang berdiri sejak 18 Oktober 1994. Penyatuan kedua bisnis ini kedalam satu perusahaan baru AXI yang resmi berdiri sejak 14 Februari 2014 di Jakarta, bertujuan untuk menunjang percepatan perkembangan bisnis Xprins, yang sekarang bernama PrintQoe, dan Layan Gerak, sekarang bernama AXIQoe. Kini AXI memfokuskan diri pada pengembangan kegiatan usaha yang terkait dengan segala kebutuhan perkantoran dan perusahaan seperti: percetakan, kebutuhan perkantoran, jasa kurir (surat, paket maupun logistik), dan pemesanan space,  melalui unit bisnis PrintQoe.com, AXIQoe.com, CourierQoe dan SpotQoe.com.

 

Sesuai Visi yang dimiliki perusahaan, sinergi empat solusi layanan AXIQoe.com, PrintQoe.com, CourierQoe dan SpotQoe.com diharapkan dapat mentransformasikan AXI menjadi Office Services Preferred Partner di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan PrintQoe, AXIQoe, CourierQoe, dan SpotQoe.com silahkan mengunjungi website kami di www.AXI.co.id, www.AXIQoe.comwww.PrintQoe.com, dan www.SpotQoe.com.

;